Care

Perilaku adalah aktivitas organism atau makhluk hidup. Perilaku merupakan respon atau reaksi terhadap stimulus.

Stimulus — organism — respon

Jenis respon

  1. Respondent response (Reflexive response): Yaitu respon yang ditimbulkan oleh stimulus tertertu yang disebut ecliting stimuli karena menimbulkan respon yang relative tetap.
  2. Operant response: Respon yang timbul dan berkembang kemudian diikuti oleh stimuli lain (Reinforcing stimuli/reinforce)

Jenis Perilaku

  1. Perilaku tertutup (covert behavior): Terjadi bila respon terhadap stimulus tersebut masih belum dapat diamati orang lain secara jelas.  Covert behavior dapat diukur: pengetahuan, sikap.
  2. Perilaku terbuka (overt behavior): Terjadi bila respon terhadap stimulus tersebut sudah berupa tindakan yang dapat diamati oleh orang lain.

Ilmu-ilmu Dasar Perilaku

Perilaku terbentuk dari 2 faktor :

  1. Stimulus (eksternal):  Lingkungan fisik, sosial, budaya
  2. Respons (internal):  Perhatian, pengamatan, motivasi, persepsi, intelegensi, fantasi

Respon seseorang terhadap stimulus yang berhubungan dengan sehat, sakit, penyakit dan faktor-faktor yang mempengaruhi sekahat sakit

Perilaku kesehatan :

  1. Perilaku orang sehat: Perilaku preventif dan promotif
  2. Perilaku orang sakit: Perilaku mencari pertolongan pengobatan untuk mencari kesembuhan

Perilaku sehat (Healthy behavior)

  1. Makan dengan minum seimbang
  2. Kegiatan fisik cukup dan teratur
  3. Tidak merokok dan minum-minuman keras
  4. Istirahat yang cukup
  5. Pengendalian atau manajemen stress
  6. Perilaku/gaya hidup positif

Perilaku sakit (illness behavior)

  1. Didiamkan saja (no action)
  2. P engobatan sendiri (self treatment)
  3. Mencari penyembuhan/pengobatan

Peranan (hak dan kewajiban) orang sakit :

  1. Tindakan untuk mengenal, mengetahui fasilitas kesehatan yang tepat untuk memperoleh kesembuhan
  2. Melakukan kewajibannya sebagai pasien
  3. Tidak melakukan sesuatu yang merugikan proses penyembuhannya
  4. Melakukan kewajiban agar tidak kambuh penyakitnya

Pengetahuan
Adalah hasil penginderaan manusia atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indranya
Tingkat pengetahuan :

  1. Tahu (know)
  2. Memahami (comperehensif)
  3. Aplikasi (application)
  4. Analisa (analysis)
  5. Sintesis (synthesis)
  6. Evaluasi (evaluation)

Sikap
Adalah respon tertutup seseorang terhadap stimulus atau obyek tertentu yang sudah melibatkan faktor pendapat dan emosi (Campbell)
Adalah kesiapan seseorang untuk bertindak dan bukan merupakan pelaksanaan motif tertentu 9Newcomb)
Komponen sikap :

  1. Kepercayaan, keyakinan, ide, konsep trehadap objek
  2. Kehidpan emosionil/evaluasi terhadap objel
  3. Kecenderungan orang untuk bertindak

Tingkatan sikap :

  1. Menerima (receiving)
  2. Menghargai (valuing)
  3. Menanggapi (responding)
  4. Bertanggungjawab (responsible)

Langkah-langkah dalam komunikasi kesehatan
Stages in the health communication process

  1. Planning : perencanaan
  2. Development : pengembangan
  3. Implementation : hasil
  4. Evaluation : evaluasi

Langkah-langkah Precede-Proceed
Fase 1. Diagnosis sosial
Diagnosis sosial adalah proses penentuan persepsi masyarakat terhadap kebutuhannya atau kualitas hidupnya dan aspirasi masyarakat untuk meingkatkan kualitas hidupnya melalui partisipasi dan penerapan berbagai informasi yang dirancang sebelumnya
Fase 2. Diagnosis epidemiologi

  1. Kelompok mana yang terkena masalah kesehatan
  2. Pengaruh masalah kesehatan : mprtalitas, morbiditas, disability, tanda, gejala
  3. Cara menanggulangi masalah tersebut

Fase 3. Diagnosis perilaku dan lingkungan

  1. Utilisasi penggunaan pelayanan kesehatan
  2. Upaya pencegahan-pencegahan
  3. Kepatuhan (compliance)
  4. Upaya pemeliharaan kesehatan (selfcare)

Dimesi:  keterjangkauan, kemampuan, perataan
Langkah-langkah diagnosis dan perilaku lingkungan :

  1. Memisahkan faktor perilaku dan non perilaku penyebab masalah kesehatan
  2. Mengidentifikasi perilaku yang dapat mencegah timbulnya masaah kesehatan, perawatan, dan pengobatan. Faktor lingkungan: mengeliminasi faktor yang tidak dapat dirubah = genetic dan demografis
  3. Urutkan faktor perilaku dan lingkungan berdasarkan besarnya pengaruh terhadap masalah kesehatan
  4. Urutkan faktor perilaku dan lingkungan yang berdasarkan kemungkinan untuk dirubah
  5. Tetapkan perilaku dan lingkungan yang menjadi sasaran program
  6. Tetapkan tujuan perubahan perilaku dan lingkungan yang ingin dicapai

Fase 4. Diagnosis pendidikan dan organisasional
Determinan perilaku yang mempengaruhi perilaku kesehatan

  1. Faktor predisposisi : pengetahuan, sikap, persepsi, kepercayaan, norma, nilai
  2. Faktor enabling : faktor lingkungan yang memfasilitasi perilaku seseorang
  3. Faktor reinforcing (pendorong)

Perilaku orang lain yang berpengaruh
Menetapkan tujuan pendidikan berdasarkan;

  1. Faktor predisposisi (tujuan pembelajaran)
  2. Faktor pemungkin, penguat (tujuan organisasional: upaya pengembangan organisasi menjadi pengembangan sumber daya

Fase 5. Diagnosis Administratif kebijakan
Analisis kebijakan, sumber dayam peraturan yang berlaku yang dapat memfasilitasi atau mengambat pengembangan program promosi kesehatan.
3 penilaian dalam diagnosis administrative :

  1. Sumber daya yang dibutuhkan
  2. Sumber daya yang ada di organisasi dan masyarakat
  3. Hambatan pelaksanaan program

Penilaian dalam diagnosis kebijakan : Dukungan dan hambatan politis, peraturan dan organisasional yang memfasilitasi program, pengembangan lingkungan yang dapat mendukung kegiatan masyarakat.

Langkah selanjutnya dari perencanaan dengan Precede ke implementasi dan evaluasi dengan proceed
Precede digunakan untuk meyakinkan bahwa program akan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan individu dan masyarakat sasaran.
Proceed untuk meyakinkan bahwa program akan tersedia, dapat dijangkau, dapat diterima, dan dapat dipertanggunjawabkan
Penilaian sumber daya -> keberadaan program
Perubahan organisasi -> program dapat dijangkau
Perubahan politis dan peraturan -> program dapat diterima masyarakat
Evaluasi -> program dapat dipertanggungjawabkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: